Jangan pernah mengizinkan orang lain mengakses akun Wise kamu.

Lars Trunin

Terkadang, mengizinkan seseorang mengakses akun kamu mungkin terasa seperti cara tercepat untuk melakukan pembayaran. Ini juga salah satu cara termudah bagi penipu untuk mendapatkan uang kamu, dan tidak terdeteksi. Ini adalah pelanggaran kontrak kamu dengan Wise, dan untuk alasan yang baik.

Dengan detail masuk kamu, atau akses jarak jauh ke akunmu, penipu dapat mengambil saldo kamu dalam hitungan detik, dan uangnya tidak mudah didapat kembali. Di Wise, keamanan sangat penting bagi kami, dan kami memiliki prosedur yang kuat melampaui apa yang diminta dari kami. Meskipun rumah kita dari batu bata, serigala jahat besar masih bisa masuk dan membuat kekacauan jika pintu depan terbuka.

Jadi situasi apa yang perlu kamu waspadai, di mana kamu mungkin memberikan akses ke penipu, tanpa menyadarinya...

Membiarkan seseorang mengakses akun kamu dari jarak jauh

Di Wise, kami tidak akan pernah meminta kamu mengunduh perangkat lunak untuk mengakses perangkat kamu, atau menawarkan pembayaran untukmu. Agen layanan pelanggan kami akan memberikan instruksi yang jelas melalui telepon, atau email, tetapi tidak akan pernah meminta untuk mengendalikan perangkat kamu.

Ada peningkatan penipuan layanan pelanggan palsu. Artinya, penipu membuat situs web palsu dan nomor telepon palsu untuk dukungan pelanggan Wise, dan menggunakannya untuk menipu pelanggan agar mengira mereka berbicara dengan tim dukungan kami yang sebenarnya. Suara sopan di ujung telepon dapat menyarankan bahwa hal yang paling sederhana adalah membiarkan mereka mengambil kendali dan mengunduh aplikasi atau program yang memungkinkan mereka memindahkan uang kamu melalui telepon atau laptop mereka. Jangan biarkan mereka meyakinkan kamu.

Agen layanan pelanggan Wise yang sebenarnya tidak akan pernah menggunakan metode ini untuk membantu kamu melakukan pembayaran, dan siapa pun yang meminta akses ke perangkat kamu tidaklah resmi. Detail kontak dukungan pelanggan yang sebenarnya tersedia di halaman Bantuan, saat kamu masuk ke akunmu.

Berbagi detail kamu melalui email

Memberikan akses ke akun kamu kepada teman dan keluarga mungkin terasa tidak berbahaya, tetapi dengan membagikan detail kamu secara virtual, kamu melanggar syarat dan ketentuan perjanjian dengan Wise.

Jika kamu memerlukan bantuan menggunakan Wise, hubungi tim layanan pelanggan kami yang dapat membantu memandu kamu melalui setiap langkah transaksi. Kami tidak akan pernah meminta kamu untuk membagikan detail masuk, layar, atau mengunduh aplikasi pihak ketiga sebagai bagian dari proses ini.

"Masuk" ke situs lain selain wise.com

Di Wise, kami bekerja langsung dengan kamu untuk memastikan pembayaran tiba di tempat yang kamu inginkan, kapan pun kamu mau. Kami tidak menggunakan 'perantara' atau asisten untuk membantu menyiapkan atau mengelola akun kamu, karena ini semua dapat dilakukan dengan mudah melalui situs kami.

Sayangnya, jika layanan keuangan menggunakan model seperti itu, penipu dapat melihatnya sebagai peluang untuk menawarkan 'layanan perantara' mereka. Layanan ini mungkin disamarkan sebagai 'memastikan kamu memiliki mata uang yang tepat', atau 'membuat akun atas nama kamu' - tetapi kenyataannya adalah layanan tersebut tidak diperlukan, dan bisa menjadi penyebar penipuan. Kamu harus sangat berhati-hati jika ada pihak ketiga yang memintamu untuk mengirimkan detail dan informasi pribadi kepada mereka, untuk menyiapkan akun 'untuk kamu'.

Saat masuk ke akun Wise kamu, periksa URL-nya adalah “wise.com/login/”, demikian pula, jika kamu diminta untuk masuk melalui tautan di email, pastikan ini memiliki domain @wise.com, apa saja bisa jadi merupakan upaya jahat untuk mengakses uang kamu.

Situasi di mana kamu mungkin diminta untuk masuk melalui platform lain

Ada sejumlah kecil kasus di mana kamu mungkin tidak masuk langsung dengan kami. Kami bekerja dengan beberapa bank besar dan penyedia layanan lainnya (seperti Xero, dan Monzo) untuk membantu kamu melakukan transfer langsung dari aplikasi mereka, atau kamu dapat menggunakan penyedia Open Banking (seperti Emma dan Plum) untuk membantu mengelola uang kamu. Jika kamu menggunakan layanan mitra, dan diminta untuk masuk ke akun Wise-mu, mereka selalu mengalihkan kamu ke https://wise.com untuk masuk.

Kamu akan secara jelas dimintai izin untuk memberi mitra akses ke akun ini, dan kamu sebaiknya hanya mengizinkan akses dari perusahaan yang kamu kenal dan percayai.

Jika kamu kesulitan dengan pembayaran karena alasan apa pun, kunjungi pusat bantuan kami untuk melihat bagaimana kami dapat membantu. Kamu juga dapat masuk ke akun Wise untuk menemukan kontak informasi kami, jika kamu perlu berbicara dengan agen.

Apakah kamu tinggal di Turki?

Jika kamu masuk ke Wise dari Turki, kamu akan mendapatkan URL yang berbeda (https://transferwiseturkiye.com.tr/)


*Please see terms of use and product availability for your region or visit Wise fees and pricing for the most up to date pricing and fee information.

This publication is provided for general information purposes and does not constitute legal, tax or other professional advice from Wise Payments Limited or its subsidiaries and its affiliates, and it is not intended as a substitute for obtaining advice from a financial advisor or any other professional.

We make no representations, warranties or guarantees, whether expressed or implied, that the content in the publication is accurate, complete or up to date.

Money without borders

Find out more
News

New Zealand Price Comparison Research

Discover how Wise outperforms 5 major New Zealand banks, PayPal, and Western Union, offering savings of up to 6x on international transactions.

Wise
19.02.24 2 minute read
News

Japan Price Comparison Research

Discover how Wise compares to 5 major Japanese banks and Revolut, offering savings of up to 6x on international transactions.

Wise
19.02.24 2 minute read
News

Singapore Price Comparison Research

Detailed research by Wise reveals substantial savings compared to Singapore banks and services like Instarem, Revolut, and Youtrip by EZ link.

Wise
19.02.24 4 minute read

Tips, news and updates for your location